Selasa, April 22, 2008

PENYAKIT PARA RAJA DAN RAJANYA PENYAKIT

Sebenernya gak niat banget nulis tentang ini... Tp kebetulan td baca di koran Republika, tentang penyakit asam urat, yang konon katanya adalah penyakit para raja dan sekaligus rajanya penyakit. Eh kebetulan juga, temenku baru aja cerita kalo kadar asam uratnya tinggi dan bingung gimana nuruninnya.
Penyakit asam urat ini, timbulnya karena makanan. Memang sih kebanyakan muncul saat usia udah di atas 50 tahun. Tapi gejalanya bisa datang jauh lebih awal, bahkan sejak usia 30 tahun.. malah aku pernah baca di bawah usia itu. Jadi sebaiknya, kita menjaga dari sekarang... karena mengobatinya jauh lebih susah daripada mencegah. Dan sakitnya, jauh lebih sakit daripada tidak sakit..hehehe ya iyalah.. Yang perlu diingat, asam urat bisa menyerang siapa saja, laki-laki ato perempuan. Tentu yg suka mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin seperti jeroan (otak, usus, paru, jantung, dll), daging, ikan laut jenis tertentu seperti salmon dan sardin, kerang, tape, kacang2an dan emping.
Tanda-tanda penyakit ini biasanya sering kesemutan, linu ato ngilu di persendian, lama kelamaan akan sakit untuk digerakkan atau untuk jalan, bahkan ada yang sampai tidak bisa berjalan sama sekali. Penyakit ini ada yg bilang susah2 gampang. Memang tidak ada obat yg spesifik, tp cara paling ampuh adalah menjaga makanan yg kita makan dan juga banyak mengkonsumsi air putih agar ginjal tetap berfungsi dengan baik untuk membuang sisa metabolisme tubuh.
Yang terakhir aku baca, adalah makanan yg harus dihindari oleh penderita...wah banyak banget... seperti, daun bayam, kangkung, daun singkong, buncis, durian, alpukat, nanas, daging telur, hati, babat, usus, kacang2an, dll... Duuh jadi apa yang bisa dimakan yaaa... Bener juga yah lebih baik menjaga, jadi tetep bisa makan makanan enak biarpun jumlahnya tetap tidak boleh terlalu banyak....:)

4 komentar:

christi mengatakan...

masak sih "dia" rajanya para penyakit..kalo kanker apa ya sebutannya..krn kan serem jg tho

nindya mengatakan...

babonnya penyakit aja deh... kan induk ayam (babon) galak juga tuh.. :p

brainwashed mengatakan...

waduh kesukaan aku semua tuh, paru, daging, hati, kacang mede, emping, bayem, kangkung. wah aku mesti makan apaan donk? nasi putih aja kalee ya.. hehe.. jd ngeri juga, solae bokap dah kena asam urat.. jd takut kena!

nindya mengatakan...

kalo gitu km banyakin puasa deh hehehe...