Kamis, Juni 05, 2008

HATI-HATI KOLESTEROL TINGGI

Aku baru dpt fax dari seorang teman ttg "kandungan kolesterol per 100 gram makanan". Wah ternyata banyak makanan mengandung kolesterol yg mesti dihindari ato setidaknya dikurangi agar kandungan kolesterol dalam darah tetap normal. Kolesterol tinggi akan mengakibatkan penyakit mendadak seperti hipertensi, jantung, stroke, dan ujung-ujungnya ya... kematian. So.. hati-hati dengan makanan yg terlihat dan terasa sangat lezat....karena kandungan kolesterolnya bisa membunuh kita.

Ini dia daftar makanannya, urutannya :

no, nama makanan (per 100g), kandungan kolesterol (mg), kategori

1. Putih telor ayam, 0, sehat
2. Teripang (haisom), 0, sehat
3. Ubur-ubur, 0 , sehat
4. Susu sapi non fat ,0, sehat
5. Daging ayam pilihan tanpa kulit, 50, sehat
6. Daging bebek pilihan tanpa kulit, 50, sehat
7. Ikan sungai biasa ,55, sehat
8. Daging sapi pilihan tanpa lemak, 60, sehat
9. Daging kelinci, 65 , sehat
10. Daging kambing tanpa lemak, 70 , sehat
11. Ikan ekor kuning, 85, sehat
12. Daging asap (ham), 98, sekali-sekali
13. Iga sapi, 100 , sekali-sekali
14. Daging sapi ,105 , sekali-sekali
15. Burung dara, 110, sekali-sekali
16. Ikan bawal, 120, sekali-sekali
17. Daging sapi berlemak, 125, sekali-sekali
18. Gajih sapi, 130, hati-hati
19. Gajih kambing, 130, hati-hati
20. Keju, 140, hati-hati
21. Sosis daging, 150, hati-hati
22. Kepiting, 150, hati-hati
23. Udang, 160, hati-hati
24. Kerang/ siput, 160, hati-hati
25. Belut, 185 , hati-hati
26. Santan kelapa, 185 ,berbahaya
27. Susu sapi, 250, berbahaya
28. Susu sapi cream, 280, berbahaya
29. Coklat/ cacao, 290, berbahaya
30. Mentega/ margarine, 300, berbahaya
31. Jeroan sapi, 380, berbahaya
32. Kerang putih/ tiram/ remis, 450, berbahaya
33. Telor ayam, 500, berbahaya
34. Jeroan kambing, 610, berbahaya
35. Cumi-cumi, 1170 ,pantang
36. Kuning telor ayam, 2000, pantang
37. Otak sapi, 2300, pantang
38. Telor burung puyuh, 3640, pantang

Sumber : General Hospital, Singapore

Kandungan kolesterol dalam darah normalnya 160-200 mg. Kalo penasaran berapa kandungan kolesterolnya ya tes aja di lab. Katanya cek kolesterol sangat penting, tapi aku juga belum pernah sih.. :)

46 komentar:

Eko Priyanto mengatakan...

Tapi ada resep ga nih mas untuk menggemukan badan...

Badanku krempeng kayak gini nih, ga bisa gemuk...!

Padahal juga ga terlalu berpikiran yang macem-macem dan selalu mensyukuri apa yang sudah aku dapat

di tunggu resep nya ya?

nindya mengatakan...

aduuh tante eko masa aku dipanggil mas..:p, ngapain pengen gemuk, bikin sempit angkot aja..:)

ArioDewa mengatakan...

Kelezatan yg mematikan ya... padahal aku suka semua tuh, udang, cumi, telur puyuh de el el.. hmmm

christi mengatakan...

kalo pas harga diskon boleh dimakan ya...kan sayang kalo murah g dibeli

Ernita D mengatakan...

yg enak2 pasti tinggi kolesterolnya kayak santan itu. btw krn suka telur saya sekarang pilih makan telur yg non kolesterol

brainwashed mengatakan...

rumit, ribet, riweuh juga jadi orang sehat.. hihi.. mungkin asal jgn berlebihan aja mengkonsumsinya.
abis itu makanan enak semua.. haha :p

rafki rs mengatakan...

Memang sepertinya kebanyakkan penyakit itu berasal dari makanan yang kia makan. Salut buat orang yang vegetarian.

Juminten mengatakan...

aku jg belum pernah cek kolesterol. :P
dan jujur aja, kadang2 makan asal kenyang aja.
ga mikirin kandungan makanannya. :(

dee mengatakan...

duh..
trus aku makan apa mba.. :(

edratna mengatakan...

Kita memang sudah memikirkan berapa kolesterol yang masuk ke tubuh kita, karena lebih baik menjaga daripada mengobati.

nindya mengatakan...

@rio : pantesan gemuk
@christi : iya, diskon jerbung tuh..
@mbak nita : sama mbak aku jg suka telor, tp msh yg kolesterol jg sih...
@fery : lebih rumit jd org sakit fer..
@rafki : setujuuu.. habis suka ribet klo mesti milih2 makanan
@juminten : sama deh...
@dee : makan popmie hehehe..
@edratna : iya bnr, ngobatin jauh lebih susah drpd menjaga

Vina Revi mengatakan...

Waktu itu pernah ng-print info ini sebagai guideline karena kebetulan suamiku kolesterolnya kudu dikontrol. :) Dan pas pindahan, print2an tsb nggak kebawa. So, thanks to u akhirnya aku dapetin daftar ini lagi.

*kemaren males ng-browse internet buat ng-print ulang*

PaiJan mengatakan...

yaaah.. padahal saya hobi banget makan kepiting,.

ma'nyus..

~ tc ~ mengatakan...

wuaaa... padahal aku dan swami paling seneng makan telur puyuh...
:(

infonya bermanfaat bgt ni..makasih yaaaaa....:)

Don Danang mengatakan...

Telor puyuh koq paling gede sih?? Padahal bentuknya paling kecil? Aneh

bisa gak tariks kesimpulan gini: Makanan enak itu gak ada yang sehat? hehe Ngaco yah??

PuTLie mengatakan...

kalau begitu mulai hari ini saya mau makan Telor burung puyuh aja hehehehe salah yaks?? :p

thx info nya sis...

Republik Gaptek mengatakan...

Haaaaaaaaaaah...yang enak-enak malah sumber penyakit...lah terus sayah makan apa ya?

Pekanbaru! Riau mengatakan...

emang kudu ati2..

tapi apa rahasianya mbak, kayaknya masih ramping..

Ivana mengatakan...

huwaaa...mati deh!!
saya kan maniak cumi-cumi!!

Vei mengatakan...

kebanyakan yang enak kok ngga boleh ya.. :P
trus aku kebagiannya apa nih.. :(

salam kenal ya.. :)

mahendra mengatakan...

wow.., itu mah bukan kolesterol lagi (terlebih bagi mereka yang uzur..) tapi racunnn.
Gw cerita ya.., bulan lalu gw makan kambing. Otaknya 4 porsi (dari 4 kepala kambing) sama kikil sekitar 1 piring gede. Gitu aja setelahnya gw gak bisa jalan 1 minggu pas (jd gk bisa jalan 7 hari) padahal gw baru 24 tahun. Coba kalo umur 60-an makan kayak yg gw makan tuh, jadinya gimana ya?

hillife mengatakan...

emang kamu buka catering ya,trus jd marketingnya giant jg ya sampe ada logo segala

nindya mengatakan...

buat semua : hehehe.. asik nih masih banyak temen penggemar makanan berkolesterol tinggi :p

Raffaell mengatakan...

wah bagus nih buat istri, thanks yaa informatip banget

living silence mengatakan...

thks sudah berbagi informasi kolesterol ini :D
salam

Eucalyptus mengatakan...

Thx ya infonya.... tp masalahnya bisa tahan gak ya liat makanan enak didepan mata? he he

nindya mengatakan...

@raffaell : wah istrinya jd susah tuh nyiapin makanan..
@living silence : salam balik, km nelayan beneran gak sih
@eucalyptus : ya pasti gak tahan deh apalagi laperrr :)

Ahead mengatakan...

Aku suka McD, kalo ga makan kulitnya jadi makanan sehat dong... asikk... aku suka McD, hore!

mailov mengatakan...

kayaknya kolestrolku tinggi nih.waduh ternyata makanan yg aku senengin dilarang semua.akunkan seneng kerang saos tiram .wah ennnnnnnnnnnnnaaaaaaaaaak banget.tapi ko dilarang ya. kl mau sehat.....

SHALEH mengatakan...

Waduhhh, kenapa makanan kesukaanku rata2 masuh kategori berbahaya...Cumi-cumi, Kuning telor ayam, Telor burung puyuh, Coklat/ cacao, Susu sapi. bisa2 mati aku klo ga makan mereka.

ngomong2 masalah tanah di Bali.. itu cuma kabar angin jadi ga tau benar ato tidak

ipied mengatakan...

duh yang enak-enak kok memang sumber penyakit ya....

wah jadi penasaran pengin ngecek kolesterol saya berapa, secara makan saya yang enak-enak.....apa lagi kalo gratisan lebih enak lagi tuh.....

hehehehe..

salam kenal ya.....

yusdi mengatakan...

ah kl udah ketemu ama yang namanya laper, apa aja disikat......

maaaaakkkaaaaaaaannnnnnn......

nindya mengatakan...

@ahead : kalo aku suka AW hehehe..
@mailov : kalo mau sehat makan ubur-ubur...:p
@shaleh : makan mati gak makan juga mati :)
@ipied : asal jgn kebanyakan makannya pied
@yusdi : ya gitu deh...

presy__L mengatakan...

ck..ck..ck.. klo makan mesti merhatiin begituan repot juga yak..
untungnya ni perut mau berkompromi ma mulut yang main masukin makanan apa aja

seezqo mengatakan...

Ada 4 kategori daging/ikan yang mengotori tubuh fisik maupun non fisik kalo sering di konsumsi :

1. Daging ayam
2. Daging sapi/lembu
3. Daging kambing
4. Daging babi,ikan lele

Jadi daging ayam yang agak mendingan dan yang paling mengotori adalah daging babi dan ikan lele.

Sumber : Para penganut yoga di India .

Poppy mengatakan...

@ Seezco: kenapa ikan lele mengotori ya? kkkkkkkkkk

@ Mba Nindya: aku udah pernah cek kolesterol yg hasilnya bikin kakak sepupuku menskors makanan berlemak dan goreng2an buatku hiks...hiks...

nindya mengatakan...

@presy : untuk sehat harus repot hehehe..
@seezqo : iya ya kok ikan lele masuk..
@poppy : aku jg lagi pengen cek nih Pop..:)

spektrumku mengatakan...

Wah... padahal saya suka lho sate telur burung puyuh.... kenapa yg enak2 selalu berkolesterol ya?? Apalagi otak hmmm gurih banget, tapi ya itu, kolesterolnya mana tarzan! Huehehehe......

nindya mengatakan...

aku juga suka telur burung puyuh... tp ya mau gak mau mesti dikurangi...

sita mengatakan...

Mbak Nindya halo, salam kenal
aku lagi searching soal kolesterol
n gak sengaja nyampe ke sini
makasih infonya ya mbk
aku minta izin buat dicopas ke blogku

Radya mengatakan...

thanks yaa

nindya mengatakan...

@Sita : salam kenal balik..
@Radya : nyari kolesterol jg ya..

john oto mengatakan...

info yg sangat berguna agar tidak menyesal dikemudian hari karena makan sembarangan......thanks alot...

IMMAN mengatakan...

wah repot jadinya mau makan ini, itu semuanya tinggi kolesterolnya......

Anonim mengatakan...

kalo dah kna gejala kolestrol tinggi bener2 harus dirubah pola makan kita ke makanan2 yg sehat,soale kalo kita gak jaga makanan biarpun kolestrol kita rendah,itu gampang sekali kena gejala kolestrol tinggi kalo kita dah pernah kena gejala tsb,seperti halnya cedera akan menjadi rawan cedera lagi biarpun dah sembuh dari cedera tsb,maka oleh sebab itu WASDAPALAH 3x

suhailah hamid mengatakan...

boleh makan , cuma kena berpada-pada ketika mengambil makanan. sebaiknya kira dahulu kalori sebelum makan :)