Rabu, Agustus 06, 2008

STRESS, SI MUSUH DALAM SELIMUT

Kalo waktu itu aku nulis tentang "maag" krn aku punya penyakit itu.. nah sekarang aku tulis tentang stress.. tapi aku gak lagi stress hehehe..... seneng aja berbagi sama yg lagi stress :) Siapa tahu tipsnya bermanfaat.

Stress, pasti jadi sesuatu yg tak terelakan di jaman sekarang ini yg penuh dengan masalah.. bahkan masalah2 kecil juga bisa bikin stress misalnya : macet di jalan, harga bahan pokok yang terus membubung, komputer eror, sms2 teror, kendaraan mogok, pekerjaan kantor numpuk, dan sebagainya. Eh jangan lupa, mikirin seseorang, putus cinta, juga bisa bikin stress..


Stress sebenernya respon alami dari tubuh dan jiwa yang terjadi pada diri seseorang ketika mengalami tekanan dari lingkungannya. Tapi kalo dibiarkan tekanan itu tidak hanya akan mengganggu secara psikologis, tetapi jg fisik akibat menurunnya kekebalan.



Berdasarkan penelitian ahli, alasan utama stress adalah peristiwa besar yg tidak bisa diprediksi seperti kematian, penyakit dan perceraian. Tapi ternyata peneliti juga menemukan bahwa perubahan yg bisa diprediksi juga bisa menyebabkan stress, misalnya, promosi jabatan, kelahiran bayi, atau memperoleh nilai tinggi. Jadi kesimpulannya, apapun berpotensi menimbulkan stress.


Nah, ini tips agar kita bebas stress, atau setidaknya mengurangi stress :

- Atur nafas
Saat kita mulai merasakan tekanan, hentikan apapun yang tengah dikerjakan. Tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan dengan perlahan sambil mengatakan kepada diri sendiri : tenang. Lakukan ini dua tiga kali hingga kita mulai merasa nyaman.

- Bergeraklah
Lakukan jalan cepat, meski itu hanya jalan-jalan di seputar ruangan atau kamar mandi. Hal ini berguna membantu melancarkan aliran darah. Bergerak secara teratur dapat membantu membakar efek negatif dari hormon stress.

- Makanan sehat
Ketika stress, tubuh menghabiskan lebih banyak nutrisi dari biasanya. Konsumsilah multivitamin terutama B yang mengatur metabolisme serta vitamin C untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

- Tertawa
Ketika tertawa seluruh otot dalam tubuh menjadi rileks, tekanan darah menurun, dan mempengaruhi hormon. Tontonlah film komedi, tertawalah bersama teman, atau kunjungi website yang khusus menyediakan humor.

Ok, selamat melawan stress... O ya.. artikel ini aku dapat dari Koran Tempo edisi hari ini.

33 komentar:

ArioDewa mengatakan...

Gw lg stress nin..kebanyakan utang.. hehehe Tapi jalan2 juga malah nambah utang lha jajan mulu hehehe..

oping mengatakan...

wow kedua... mbak nin kmana aja??

setuju mbak sama tips nya. hidup endorfin!! hehehe

Eucalyptus mengatakan...

Siapa seh yang gak pernah ngerasain stress? Makasih ya tips-nya...

fenny mengatakan...

kalo saya stress karna ga punya kesibukan heheheh...

carra mengatakan...

stress... kalo aku stress biasanya sariawan :))

wisesasekai mengatakan...

Stress... tertawa bisa meringankannya, namun bila terlalu banyak tertawa, bisa-bisa orang lain malah menganggap kita stress :)

nindya mengatakan...

@rio : halah utang apaan sih, paling 10rb kan utangnya
@oping : sibuk ping jd br sempet update hehehe...
@eucalyptus : iya ya.. semua orang pasti pernah
@carra : sekarang km lagi sariawan gak :p
@wisesasekai : bener juga tuh.. ya ketawanya jgn berlebihan dunk, jgn sambil jalan2 di halaman

nindya mengatakan...

@fenny : ya cuci2 piring kek biar ada kerjaan :p

nita mengatakan...

kalo stress paling enak olah raga, lumayan seger jadinya. kemana aje nin jarang posting:)

Pekanbaru! Riau mengatakan...

tertawa paling mujarab atasi stress, tapi ujgn sering2...

thegands mengatakan...

salam kenal juga mbak.
ini kunjungan balik dari saya. hehehe...

klo lagi stress, jalan2 aja mbak atau refreshing ke mana aja..

mailov mengatakan...

streessss sudah biasa di kehidupan modern saat ini.ada orang masalah sepele aja bisa stress contoh temen saya.ada bossnya usil dia langsung stress.ada satu pesen dari mbah saya dulu jadikanlah stress itu menjadi teman jangan di takuti dan selalu inget lagunya rhoma irama - stress obatnya iman dan takwa-.makasih

nindya mengatakan...

@nita : iya nih lagi kena virus bosen n males.. punya penawarnya??
@pekanbaru : kl sering capek jg lho..
@thegans : iya, jalan2 paling asik

nindya mengatakan...

@mailov : bukannya mbahmu stress juga???

Republik Gaptek mengatakan...

Hidup easy Going aja..

Gak Punya pacar...Dont woory

Gak Punya Uang..Ya No Dong doong

Wempi mengatakan...

seteres kalo lihat kalender dah tanggal 15, huahahaha

antown mengatakan...

segera laksanakan.....

cinker mengatakan...

stres.......jadwal kuliah padat amat

ario saja mengatakan...

klo setres karena banyak uang ada gak ??

Frenavit Putra mengatakan...

Wes makasih banyak mbak atas infonya... bisa saya terapin coz akhir-akhir ini saya sering sekali stress..he...he...

Argamandha mengatakan...

stress....biasa aja yang penting nggak overdosis, ya khan...bab aku ini hari-hari stress dengan waktu yang terus bergulir tanpa bisa disuruh berhenti sejenak ha...ha..ha...selama jumpa lagi

ANTOWN mengatakan...

OOT:
Bagaimanakah peran blogger dalam mengisi kemerdekaan RI??

ikuti kontes #4 di blog saya. Siapapun boleh ikutan, gratisss…

dee mengatakan...

mbaa...setresss neh..
duit tinggal 100rb.. deuh.. biasanya tidur bs menghilangkan stres.. tp klo ini, justru kebawa mimpi... huwaaa..

nindya mengatakan...

@Rep. Gaptek : bener tuh...
@Wempi : emang tgl 15 kenapa Wem, tukang kredit dtg ya hihihi..
@antown : laksanakan apanya.. belum sempet ikut kontes nih..
@cinker : padat biar cepet tamat..
@ario saja : ya ada lah.. kan bingung mikir uangnya mo diapain :P
@frenavit putra : awas lho bisa jadi gila hehehe...
@argamandha : minta tolong dora emon aja, kan bisa menghentikan waktu or balik ke jaman dulu :)
@dee : makanya duitnya jgn taruh bawah bantal dee...jd kebawa mimpi, btw stock di koperasi masih banyak kok..:p

SHALEH mengatakan...

Kaya bisa dicoba nie buat hilangin stress

Elys Welt mengatakan...

bersepeda keliling danau, hutan dan ladang, liat rusa, kelinci liar dan ratusan burung terbang juga bisa menjauhkan dari stress , setidaknya menurut saya :)

makasih kunjungannya ya

seezqo mengatakan...

Tapi stress sedikit2 juga perlu, biar ada irama naik turun.
Tapi kalo stress berkepanjangan sampai depresi ato sampai sakit fisik ini yg harus dihindari.

hanif mengatakan...

Emmm... Apa tidur juga bisa ngurangin stress yah? :D

christi mengatakan...

tetanggaku namanya sutris tp ga stress krn suka bikin lumpia goreng...

nindya mengatakan...

@shaleh : iya Shaleh, praktekin mumpung km lagi stress :p
@elys welt : bener bgt tuh
@seezqo : irama stress ya hehehe
@hanif : bisa ngurangi bisa juga nambah
@christi :tetangganya sutris kayaknya stress ya:)

dee mengatakan...

mba.. mudik..mudik.. oleh2 ya hehehe..

brainwashed mengatakan...

akhir-akhir ini sih klo aku stres, harus ada orang yang ditanggap untuk diketawain, biasanya manggil 3 teman keparatku, yaitu rizko, nyos, iqbal.
klo mereka ga ada aku biasanya ke tempat sepi.. trus ngomong jorok deh.. hehehe..

oia kadang untuk sebagian orang, berteriak lepas, menangis lepas juga bahkan dianggap sebagai terapi stres lho.. asal pelampiasan stresnya jgn ngerugiin dan mengganggu orang lain kali ya.. :p

AHEAD mengatakan...

saya pernah stres luar biasa, begitu bdoa, teriak dan nangis otak jadi jauhhhhhh lebih jernih, hehe!!