Kamis, Juli 03, 2008

NIKMATNYA HIDUP TANPA SAKIT MAG

Saat baca Majalah Men's Health, aku sangat tertarik dengan artikel yang judulnya aku jadiin judul posting. Soalnya aku juga punya sakit mag. Dan baru minggu lalu kambuh.. rasanya...uuuuh... luar biasa (sakitnya). Jangan sampai sakit mag deh!

Menurut artikel itu, asam lambung punya daya hancur yang kuat. Kalau saja kita bisa mengeluarkannya dari lambung, kemudian meneteskannya di kulit, pasti kulit akan terluka. Daya hancur itu memang dibutuhkan untuk mencerna makanan. Yang membuat lambung kita tidak hancur oleh asam lambung adalah lapisan buffer. Dalam kondisi normal, kekuatan asam lambung dan buffer berimbang. Sedangkan pada kasus sakit mag, asam lambung lebih kuat. Ketidakseimbangan ini akan mengiritasi lambung dan menimbulkan luka. Lalu bayangkan...jari kita tergores pisau dapur tersiram air cuka.. hehehe..

Gejala-gejala sakit mag selain nyeri adalah sakit di ulu hati, mual, muntah, lemas, kembung dan terasa sesak, nafsu makan menurun, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, pusing, atau selalu bersendawa. Dan pada kondisi yang lebih parah, bisa muntah darah.

Penyebab asam lambung tinggi? Antara lain :

- Aktivitas padat sehingga telat makan

- Stress yang tinggi, yang berimbas pada produksi asam lambung berlebih

- Makanan dan minuman yang memicu tingginya sekresi asam lambung, seperti makanan dan minuman dengan rasa asam, pedas, kecut, berkafeiin tinggi, mengandung vitamin C dosis tinggi, termasuk buah-buahan.


Tapi penyakit mag bukan semata soal asam lambung tinggi dan buffer bermasalah. Ada beberapa faktor lain yang membuat buffer melemah antara lain infeksi kuman (e-colli, salmonella atau virus), pengaruh obat-obatan, dan konsumsi alkohol berlebih.

Ini dia pantangan bagi penderita sakit mag :

*Hindari makanan yang banyak mengandung gas, seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda


*Hindari makanan yg merangsang keluarnya asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus

*Hindari makanan yg sulit dicerna yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju

*Hindari makanan yg merusak dinding lambung seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang

*Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah, seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.

*Hindari beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, serta dodol


Buat yg punya sakit mag en lagi kambuh pertolongan pertama adalah mengkonsumsi obat mag yg banyak tersedia di toko2. Kedua ke dokter, dokter juga akan memberikan obat yg mengurangi produksi asam lambung dan obat pelindung buffer. Ketiga, jika kurang manjur dokter akan menusuk perut penderita dengan jarum suntik. Jika masih juga bermasalah, bukan tidak mungkin akan dilakukan tindakan invasif ringan misalnya endoskopi untuk melihat kondisi lambung melalui kamera. Akhir dari semua tindakan itu adalah pembedahan besar untuk mencegah asam lambung merusak usus atau organ tubuh lainnya. Jika tak teratasi juga, dengan penuh penyesalan, yg terucap adalah "Selamat Jalan Sobat.." Jadi... jangan anggap remeh sakit mag looh....

58 komentar:

~ tc ~ mengatakan...

wuih jadi inget dulu pernah sakit maag sampe bengkok perut nahan sakitnya...
akhirnya makan telor mentah2... eeeh alhamdulilah sembuh..
mudah2an sampe sekarang gak kumat2 lagi
:)

christi mengatakan...

nin makanya meski haus banget cuka sbotol jangan diminum..jd kambuh kan maagnya. Mah..papah kmana nih???

BasH mengatakan...

hmm gw bingung nej sakit mag itu sakit apaan ya? kalo sebutan universalnya apaan ya?
sbb di malaysia ga pernah gw dengar mag..hmmm

nindya mengatakan...

@tc : emang makan telor mentah bisa nyembuhin ya ti...
@christi : huh huh huh! Papahku di Purworejo.. kok bisa2nya km kangen beliau sii :p
@bash : wah apa ya,.. ya cr aja yg tanda ato gejalanya sama bash, jd itu yg disebut mag hehehe...

brainwashed mengatakan...

maaahh.. maaahh.. maaahh.. saakiitt maahh.. (mengerang..hehehe..)
wuih ternyata maag jg bisa menyebabkan ko'it ya, hiiyy serem..

SatoNa mengatakan...

heee?? beras jg ga boleh? lha trus makannya apa donk? O_o

anyway, tukeran link yuk mbak.. ^^

Argamandha mengatakan...

sakit mak..eh maag emang nggak kelihatan tapi sakit...kahn...
kalo udah sakit paksa bantu obat, sebelum makan dan sesuah makan...ingat biasakan makan obat maag 30 menit seblum makan......Dulu aku pernah dengar bisa dibantu ama minum teh kental tiap saat ......

nindya mengatakan...

@brainwashed : semua penyakit juga bisa bikin koit fer...
@satona : beras ketan kalii, boleh deh nanti aku link kamu ya
@argamandha : waa bukannya teh malah nambah parah maag-nya?

AHEAD mengatakan...

hoohhh, gw suka minum kopi, abis itu, pedih perutnya. emang ternyata bikin asam nya keluar berlebihan yaa.... hhmm dasar bandel gw..

nita mengatakan...

teman2 saya juga banyak banget yg sakit maag. malahan ada yg sakit maag sejak SD. kebanyakan sih krn gak disiplin soal makan. itu yg buat saya heran kok bisa2nya makan gak teratur...apa begitu sibuknya padahal dulu cuma sekolah sama kuliah aja, belon kerja

oya soal maag, ada bbrp temen yg pulih total dg makan madu setiap hari

Anang mengatakan...

yang penting satu, jangan telat makan aja..... kalo dah parah bisa gawat tuh.

Vina Revi mengatakan...

Kalo laki-laki yang kena mag? Istrinya yang sewot, karena dikit-dikit bilang, "Maaaah, ayo maaah!"

diorockout mengatakan...

Bacaanya majalah laki-laki
:D

cinker mengatakan...

kalo lagi magh emang susah. makan sakit ngak makan apa lagi........serba salah

carra mengatakan...

hmmmmmmmm boleh kukirim ke soulmate aku yah... secara dia sakit maag tapi keukeuh suka makan pisang buat ganjel perut kalo kelaperan... dikasi tau susah siyyy >.<

dee mengatakan...

sakit mag emang minta ampun.. makanan enak jd berasa ga enak.. klo sakit mag, aku cm bs makan biskuit marie regal en bubur bayi
:(

nindya mengatakan...

@ahead : aku dulu juga hobi bgt kopi moca gitu.. skrg gak lagiii
@mbak nita : aku mknnya teratur lho mbak, tp kdg telat jg sih.. akhirnya kena deh
@anang : betul nang.. bisa bablas
@vina refi : hehehe.. iya juga tuh
@diorockout : krn ada yg menarik aja sih..
@cinker : bener bgt tuh..
@carra : banyak yg beranggapan salah ttg makanan penyebab mag.. kasih tahu aja tuh
@dee : sesama mag nih kita hehehe

Eucalyptus mengatakan...

Aku juga pernah sakit maag krn telat makan, untung gak kambuhan tuh... huhu, gak enak banget deh

juliach mengatakan...

Makan teratur & hidup teratur.

Antown mengatakan...

perasaanku semakin kuat kalo mbak ini ngisi rubrik kesehatan ya di IB? betul tidak ya? hmmm...

kemarin saya hampir kena, tapi untungnya nggak. Tapi paling benci kalo kena diare. aduuhhh.... rasanya nggak bisa digambar, eh salah, nggak bisa diungkap dengan kata2

trancepass mengatakan...

tulisan yang bagus dan sangat bermanfaat.

masenchipz mengatakan...

lebih nikmat lagi kalo gak sakit mag trus makannya pake sate kambing gak pake bayar lagi.... hiks..hiks...

Ivana mengatakan...

wekz...
mati deh, saya ini maniak kol...
bisa gawat ni...
eniwei, met wikenk

seezqo mengatakan...

Yang di pantang makanan n minuman sedap semua :)
Ada pendapat maag nggak bisa di sembuhkan, tapi pendapat lain bisa,

SHALEH mengatakan...

Wahh ternyata bisa jadi parah juga ya... kalau gitu aku akan rajin sarapan. hehehe

Raffaell mengatakan...

Hahahaha..... iya dong, biasanya yang rajin kena ini istri...

Wempi mengatakan...

wah alhamdulillah masih blon ada tanda-tanda mag, hurufnya tinggal satu gak tuh yang bener kan maag.

proletarman mengatakan...

untuk sudah kebal dengan penyakit yang satu ini...

mudah2an dah aman hehehehe
sehingga bisa makan pedas dan asam sepuasnya...

Antown mengatakan...

antownholicontest#3 sudah dibuka. Gratis...tis...tis, semuanya bisa ngikut. Please visit my blog.

Puput mengatakan...

ooo begondrong toh, jadi kalo sakit mag itu luka lambungnya....

okay okay,

treen mengatakan...

sharing aja: seminggu yg lalu keponakan (13 th) saya meninggal krn sakit maag yg akut tapi gak ketahjuan.

nindya mengatakan...

@eucalyptus : bagus tuh bisa gak kambuh
@juliach : setujuu...
@antown : salah, tp rubrik jodoh, ayo, kamu berminat dengan karyawan IB???
@trancepass : thank udh mampir
@masenchipz : bener bgt tuh..
@ivana : waa.. ada juga ya penggemar kol
@seesqo : iya aku pernah dengar yg tidak bs disembuhkan, tp bisa dijaga agar tidak kambuh
@shaleh : emang selama ini gak pernah sarapan ya
@raffael : ah gak juga..
@wempi : gak tau tuh, kyknya sih iya tp aku ikutin dr majalah aja emang "mag" aja
@proletarman : kebal senjata juga gak
@puput : iya luka lambung, bukan giginya..hehehe..
@treen : wah ngeri juga tuh

Fauzan mengatakan...

"NIKMATNYA HIDUP TANPA SAKIT MAG"

bener banget tuh.
sejauh ini aku belum pernah tuh mba ngerasain sakit maag..moga aja ampe slamanya...

thanks ya infonya..

made eka mengatakan...

ada contact berupa blog atau email teman yang tahu tentang suku badui itu gak?? Soalnya mau nanya2 sebelum kesana..
Terimakasih yah..

Antown mengatakan...

OOT:
mbak tgl 20 ikut kopdar yuk di Ragunan jam 11 teng kumpul. Dresscodenya flora-fauna.
Ajakin tmn2 IB juga

nindya mengatakan...

@fauzan : iya..jgn sampai, nyusahin hehehe..
@made eka : wah gak ada habis aku dikasih taunya di Pandeglang, sm org2 rada primitif juga, jd gak punya email apalagi blog..hehehe.
@antown : tgl itu gak bisa kayaknya.. ada acara

raie mengatakan...

hmmmm. jadi obat2 mag itu harusnya bersifat basa yah.. (logika kimia)
itu bener ya orang mag harus menghindari coklat?
duh kasian banget...hehehe

Hellen mengatakan...

Saya termasuk orang yang sering kena maag. karena sering telat.
Btw, makanan pantangan nya ternyata makanan kesukaanku pantes aja aku cepat kali kambuh... :(

nindya mengatakan...

@raie : kamu pasti penggemar coklat yah..
@hellen: telat apa dulu nih hehehe...

ngatini mengatakan...

wah..kalo ngerokok ngaruh ke mag gak sih..?

Lyla mengatakan...

waduh sakit maag emang bikin repot...makan sakit ga makan sakit... :D Aku ada pengalaman. aku jg punya sakit maag. Wkt makan empek2 akhirnya keluar lagi. Munth2 sampe abis empek2 dlm perut baru berenti muntahnya. Kuah empek2 ga baik untuk org punya sait maag krn ada cukanya dan cuka emang dilarang untuk penderita maag.

Antown mengatakan...

@nindya: turut berduka cita ya, mbak...

living silence mengatakan...

mengerikan ya sakit maag itu, beruntung walaupun jam makanku ngga karu-karuan, tp blm pernah merasakan jenis sakit yg satu ini :)

poppy mengatakan...

Wah...serem banget ya mba :( Klo penyakit Mag-ku muncul lebih disebabkan oleh:
"Stress yang tinggi, yang berimbas pada produksi asam lambung berlebih"

Sering saya lupa klo punya mag, begitu makan empek-empek/"nyruput" kopi sedikit aja udah langsung perih lambungnya....hiks..hiks..

Baru tau juga klo makanan berlemak dan beberapa yg berkarbohidrat harus dihindari pula :(

Frenavit Putra mengatakan...

tips yang sungguh sangat berguna bagi orang seperti saya yang sering telat makan....

Thx mbak atas infonya

nindya mengatakan...

@ngatini : km ngerokok ya... tanya dokter deh :p
@iyla : pedenya juga ngaruh tuh kalo makan empek2
@antown : thanks ya, pasti dr christi ya..
@living silence : hati2 tuh bentar lagi hehehe...
@poppy : kamu sering stress kenapa hayoo..
@frenavit putra : jgn keterusan telat makannya

mailov mengatakan...

tuh yang merasa punya sakit maag.jangan asal makan bag big bug.ntar jadinya nyut nyut.kembung

nindya mengatakan...

@mailov : bag big bug emang main voli..

joeyjuve mengatakan...

Whua Makanannya Enak semua... hiks nda boleh ya...

Penyu mengatakan...

maksudnya bumbu yang merangsang itu merangsang apa?

nindya mengatakan...

@joeyjuve : iya, hati2 dengan makanan enak
@penyu : bau terasi kali yang merangsang hidung jd bersin :p

raie mengatakan...

gak kok sukanya merah, tapi kalo makan coklat... mauuuuu

Antown mengatakan...

OOT:
saya emang pernah buka kursus privat, mbak. Mana ada yang gratis hari gini? hahaha? mau dapat surga?? hihih

update lagi dunk, kangen sama tulisannya

komang mengatakan...

akhirnya ketemu
gila selama ini aku sampe nangis2 kalo kumat. sakitnya luar biasa. jadi mulai sekarang, say no to kopi, nangka, dan sekutunya

Anonim mengatakan...

helllpppp meee ....!!!!

mag ku kumat..

sakittttttttttt.............

adi mengatakan...

salam kenal mba nina
saya juga punya sakit mag cukup lama kebetulan beberapa jam yang lalu mag saya kambuh makanya cari artikel untuk mengatasi bila mag saya kambuh.
kalau ada saran makanan yang baik untuk penederita mag boleh juga tu...
bukan cuma yang dilarang.
thanks

rosihan mengatakan...

Artikel menarik, tks atas infonya

jarwadi mengatakan...

wah perut saya sedang mual dan serasa penuh, padahal belum makan, saya baru saja mencoba meminum promag untuk mencoba mengatasi

terimakasih mba atas saran saran nya
ini berguna sekali

salam